Aneka Olahan Lele (1)

| |

Kali ini saya ingin berbagi ilmu yang menjadi salah satu materi pada saat saya melaksanakan kuliah kerja nyata alias KKN pada Juli-Agustus 2008 yang lalu. Pada waktu KKN saya berada di bidang agro bersama 2 orang lain rekan satu tim saya. Ini memang tidak sesuai dengan latar belakang bidang saya namun bagi saya ini adalah sebuah tantangan tersendiri (ya maklumlah, semasa kuliah jarang bersentuhan dengan dunia dapur, hehe..dasar anak elektro). Dan Alhamdulillah atas semua yang aku peroleh dari KKN, salah satunya minatku di bidang memasak mulai tumbuh. 
Pada part pertama ini, saya akan membagikan resep mengenai Siomay Lele.Oya, satu tim agro itu ada 3 orang yaitu Dian (perikanan 05) yang bertindak jadi kormabid alias koordinator tim, Tya (bio 05) dan saya sendiri. Dan ide beserta rumusan resep2 ini hasil kerja keras belajar dan hunting-an nya mbak Dian teman saya itu dibantu oleh mbak Prima as consultant kami, mbak Prima sendiri adalah dosen UNESA yang sedang mengambil s3 Teknologi Pangan di UGM. So, selamat mencoba ya...^^








Siomay Lele
Alat:
·         Pisau
·         Talenan
·         Penggiling daging/ blender
·         Loyang
·         Baskom
·         Panci pengukus
Bahan:
·         Daging ikan                   1,5 kg
·         Tepung sagu                 100 gr
·         Jahe                             1 sdt
·         Lada bubuk                   1 sdt
·         Gula halus                     1 sdt
·         Minyak wijen                  1 sdt
·         Garam                           1  sdm
·         Minyak goreng 

Proses pembuatan:
I- kan difillet+ skinless
 - giling halus
 - tepung sagu+bumbu
 - aduk hingga kalis+minyak goreng
 - bentuk bulat
 - Kukus


nb:
filet      : memisahkan daging ikan dari duri/tulangnya
skinles : memisahkan kulit ikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar